Tupoksi

Adapun Rincian Tugas Pokok dan Fungsi masing- masing jabatan pada organisasi Puskesmas Singgabur adalah sebagai berikut :

Kepala Puskesmas

  • Melaksanakan fungsi-fungsi manajemen, bimbingan dan supervisi.
  • Mengadakan koordinasi di tingkat kecamatan.
  • Sebagai penggerak pembangunan kesehatan di tingkat kecamatan.
  • Sebagai tenaga ahli pendamping Camat.
  • Mengkoordinir dan bertanggung jawab terhadap semua kegiatan di puskesmas.

Koordinator Unit Tata Usaha

  • Merencanakan dan mengevaluasi kegiatan di unit TU
  • Mengkoordinir dan berperan aktif terhadap kegiatan di unit TU
  • Menggantikan tugas Kepala Puskesmas bila Kepala Puskesmas berhalangan hadir

Keuangan

  • Melakukan perencanaan Keuangan
  • Merealisasikan Keuangan
  • Membuat pembukuan/penutupan kas.
  • Mengambil gaji dan dana operasional serta yang berkaitan dengan kesejahteraan pegawai;
  • Pencatatan dan Pelaporan;
  • Membuat petikan daftar gaji
  • Menerima setoran dari masing-masing unit pelayanan
  • Mengkoordinir bendahara-bendahara di Puskesmas
  • Melakukan setoran perda ke kas daerah

UMUM

  • Rigistrasi Surat Masuk dan Keluar
  • Melanjutkan disposisi Pimpinan
  • Membuat konsep surat
  • Mengkoordinir kegiatan petugas bagian pengiriman semua laporan puskesmas.
  • Mengkoordinir kegiatan petugas bagian perbaikan sarana puskesmas
  • Mengarsipkan surat.
  • Melakukan kegiatan yang bersifat umum.
  • Mengkoordinir pembuatan spanduk yang bersifat umum

Kepegawaian

  • Membuat laporan kepegawaian (Absensi, bezzeting,DUK, lap.triwulan, tahunan ,dsb.)
  • Mengetik DP c yang sudah di isi nilai oleh Atasan Langsung
  • Mendata dan mengarsipkan file pegawai.
  • Mengusulkan cuti dan kenaikan pangkat
  • Mengusulkan tunjangan pegawai ( Penyesuaian Fungsional, Baju, Sepatu dan lain-lain)
  • Merekap Absensi ( Ijin, Cuti, Sakit )
  • Membuat Absensi Mahasiswa/siswa yang praktek di Puskesmas
  • Membuat perencanaan untuk pengembangan kualitas SDMĀ  staf puskesmas
  • Menyusun daftar pembagian tugas untuk staf puskesmas dengan persetujuan kepala puskesmas

Data dan Informasi

  • Sebagai pusat data dan informasi puskesmas.
  • Mengumpulkan dan mengecek laporan puskesmas sebelum dikirim ke Pusksesmas Singgabur
  • Menyajikan laporan dalam bentuk visualisasi data (tabel, grafik,dll)
  • Mengidentifikasi masalah program dari hasil visualisasi data dan menyerahkan hasilnya kepada coordinator perencanaan dan penilaian
  • Bersama-sama team data dan informasi menyusun semua laporan puskesmas (PTP, minilok, Lap. Tahunan, Stratifikasi, dsb.)

Pencatatan dan pelaporan.

Perencanaan dan Evaluasi

  • Mengkoordinir kegiatan team perencanaan dan penilaian
  • Menyusun jadwal evaluasi kegiatan puskesmas secara kontinyu
  • Menyusun laporan hasil evaluasi dan perencanaan untuk selanjutnya diserahkan kepada koord. data & informasi serta koord. program terkait
  • Mengarsipkan hasil kegiatan

Koordinator UPTF Upaya Kesehatan Masyarakat

  • Mengkoordinir dan bertanggung jawab dalam penyusunan perencanaan dan evaluasi kegiatan di unit P2M, PROM.KES, KIA/KB, GIZI dan KESLING
  • Mengkoordinir dan berperan aktif terhadap kegiatan di unitnya

Koordinator Unit Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit (PbM)c

  • Menyusun perencanaan dan evaluasi kegiatan di unit P2M
  • Mengkoordinir dan berperan aktif terhadap kegiatan di unitnya.
  • Ikut secara aktif mencegah dan mengawasi terjadinya peningkatan kasus penyakit menular serta menindak lanjuti terjadinya KLB.

Pemegang Program Surveilans

  • Berperan aktif secara dini melakukan pengamatan terhadap penderita, kesling, perilaku masyarakat dan perubahan kondisi.
  • Analisis tentang KLB
  • Penyuluhan kesehatan secara intensif
  • Pencatatan dan pelaporan

Pemegang Program P2 Imunisasi

  • Bertanggung jawab dan mengkoordinir kegiatan sebagai berikut :
  1. Pelaksanaan Imunisasi Polio, Campak, HB, BCG, DPT pada bayi ditempat pelayanan kesehatan ( Puskesmas, Posyandu dan pustu ).
  2. Pelaksanaan Imunisasi TT pada BUMIL & WUS ditempat pelayanan kesehatan.
  3. Penyuluhan imunisasi dan sweeping ke rumah target yang tidak datang ke tempat pelayanan kesehatan.
  4. Pelaksanaan BIAS di tiap SD oleh tim Puskesmas dan kader.
  5. Pengambilan Vaksin ke Dinkes 2 kali sebulan.
  6. Sterilisasi alat dan pemeliharaan Coldchain di Puskesmas atau Pustu.
  7. Merencanakan persediaan dan kebutuhan vaksin secara teratur.
  8. Monitoring / evaluasi PWS

Pemegang Program P2 Diare

  • Penyuluhan untuk memasyarakatkan hidup bersih dan sehat serta memasyarakatkan oralit.
  • Kaporitisasi sumur-sumur dan sumber air sebanyak 2 kali se tahun.
  • Surveillance yaitu mengurangi dan menghindari kontak untuk mencegah penyebaran kasus.
  • Pecatatan dan Pelaporan.
  • Penemuan dan pengobatan penderita diare di dalam maupun di luar gedung.
  • Aktif dalam penyelidikan KLB/peningkatan kasus

Pemegang Program P2TBC

  • Penyuluhan tentang TBC serta kunjungan dan follow up ke rumah pasien
  • Pencatatan dan Pelaporan kasus
  • Penemuan secara dini penderita TBC
  • Pengobatan penderita secara lengkap
  • Koordinasi dengan petugas laboratorium terhadap penderita/tersangka TBC untuk mencari BTA +

Pemegang Program Promosi Kesehatan

  • Mengkoordinir dan bertanggung jawab terhadap semua kegiatan promosi kesehatan di wilayah kerja puskesmas.
  • Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan promosi dilakukan bersama-sama dengan coordinator program yang terkait.
  • Kegiatan dalam Gedung, Penyuluhan langsung kepada perorangan maupun kelompok penderita di Puskesmas / Pustu, Penyuluhan tidak langsung melalui Media Poster /Pamflet
  • Kegiatan di luar Gedung ; Penyuluhan melalui media masa, pemutaran Film, siaran keliling maupun media tradisional; Penyuluhan kelompok melalui posyandu dan sekolah.